Sate Maranggi

Sate Maranggi

Pertama kali makan Sate Maranggi saat pulang dari Bandung lewat Tangkuban Perahu, mampir di satu restoran dekat kota Purwakarta yang beneran sepi pengunjung karena sudah agak sore, kita pesan Sate Maranggi yan kebetulan dagingnya kambing, dan ternyata saat pulang ke Bogor beberapa waktu kemudian ketemu Sate Maranggi yang daging sapi, pastinya lebih kena di lidah karena bukan penggemar berat kambing

Dan buat yang penasaran Sate Maranggi daging sapi inilah resepnya, selamat mencoba

Bahan :

  • 500 gram daging sapi bagian sandung lamur

Bahan bumbu daging Sate Maranggi : 

  • 50 gram lengkuas muda, parut
  • 50 gram jahe, parut
  • 25 gram ketumbar halus
  • 5 gram kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm mentega untuk olesansaat membakar

Cara membuat Sate Maranggi

  1. Rebus daging hingga matang, tusukan daging menjadi sate.
  2. Semua bumbu campur jadi satu, kemudian bakar daging nya.

Bahan bumbu kecap :

  • 10 sdm kecap manis
  • 20 buah cabai rawit, diulek kasar
  • 5 buah tomat hijau, diulek bersama cabai rawit
  • 5 siung bawang merah, iris tipis

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tongseng Kambing

tongseng kambing

Dulu bapak saya yang penggemar Tongseng Kambing cerita kalau yang masakan tongseng itu karena yang jualan gule kambing sekaligus sate kambing, pada suatu hari sudah kehabisan daging di gulenya tinggal kuah gulenya yang masih banyak juga beberapa tusuk sate kambingnya, datang seorang pembeli yang ingin sekali makan masakan gule kambing

Karena tersisia sedikit seperti itu si penjual berinisiatif membuatkan masakan dari sisa sate kambing dan kuah gule nya, dimasak dengan tambahan bumbu dan kol dan cabe rawit dari lalap dan bahan sambal kecap, ditumis sehingga menghasilkan menu baru yang namanya Tongseng Kambing, benar atau tidaknya cerita itu wallahualam

Bahan Masakan Tongseng kambing

  • 500 gr daging kambing, potong dadu 2 cm
  • 7 lbr daun kol, buang tulang daunnya, potong kasar
  • 4 bh cabai merah, iris serong tipis
  • 5 bh bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 4 sdm kecap manis
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 500 ml santan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu kuah gulai kambing :

Bahan-bahan Resep Gulai Kambing

  • Minyak 3 sendok makan buat menumis.
  • Cengkih sebanyak 3 buah.
  • Kayu manis sepanjang 3cm.
  • Kapulaga 2 buah.
  • Klabet 4 butir.
  • Serai 1 batang, kemudian bagian putihnya saja, lalu memarkan.
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar.
  • Daging kambing sebanyak 100gram berserta tulangnya, kemudian dipotong-potong
  • Kelapa kupas parut 1 butir, lalu di ambil; 250 ml santan kental.
  • Santan encer sebanyak 750 ml.
  • Air asam Jawa 1 sendok makan.
  • Garam 1 sendok teh.
  • Bawang merah goreng 2 sendok makan.
Bumbu yang Dihaluskan
  • 4 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 4 buah kemiri sangrai
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • 1 sdt merica butiran sangrai
  • 1/4 sdt jintan sangrai
  • 10 butir adas manis sangrai
  • 1 sdt jahe cincang
  • 1 sdt kunyit cincang
  • 1/2 sdm lengkuas cincang
Cara Membuat kuah Gulai Kambing
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan cengkih, kayu manis, kapu laga, klabet, Serai, dan daun jeruk.Aduk hingga bumbu layu.
  • Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna.Tambahkan santan encer. Masak hingga mendidih.
  • Masukkan santan kental. Masak sambil aduk sesekali hingga daging empuk.
  • Tambahkan air asam dan garam.Aduk rata. Angkat.
  • Taburi bawang merah goreng. Sajikan hangat.

Cara membuat Tongseng Kambing

Tumis bawang putih sampai harum,

masukkan bawang merah dan cabai merah iris,

tumis sampai layu.

Masukkan daging kambing,

aduk sampai daging berubah warna dan kaku.

Tuang kuah gulai, tambahkan kecap, lada, garam, dan gula pasir, masak sampai daging lunak dan kuah tinggal sedikit.

masak sampai mendidih.

Tambahkan kol, masak sampai kol matang,

aduk sebentar, angkat.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Beef Steak Has Dalam

Beef Steak Has Dalam

Bahan steak daging :

250 gram daging has dalam sapi, potong dalam bentuk steak melebar

 

2 sendok makan kecap manis

3 siung bawang putih

bawang bombay

1/2 sendok lada

1/2 sendok garam

1 sendok makan saus tiram

1 sendok makan kecap asin

1 sendok makan minyak wijen

1/2 sendok makan kecap inggris

1 sendok makan saos tomat

1 sendok makan minyak goreng dibutuhkan pada saat menumis

350 ml air

Bahan lainnya :

Kentang bisa untuk puree kentang / kentang tumbuk atau di goreng / french fries

Brokoli

Wortel

Jagung muda (gantinya buncis)

Cara Membuat Steak Daging Sapi

1. Tusuk-tusuk daging sapi dengan garpu. Sisihkan.
2. Campur saus tomat, saus inggris, kecap asin, gula pasir dan olive oil.
3. Masukkan daging dan rendam selama 30 menit, agar bumbu meresap dan dipanaskan dalam presure cooker agar daging empuk.


4. Masak daging dengan bumbu perendam diatas penggorengan anti lengket sampai matang.
5. Angkat dan steak daging sapi siap saji untuk 4 porsi.

Cara membuat sayur pelengkap :

bersihkan wortel, jagung muda dan brokoli, kemudian dipotong sesuai selera

kukus dalam panci

setelah matang campur sedikit garam diaduk

sajikan bersama steak daging

Cara membuat saus :

Saus perendam daging ditumis bersama bawang bombay

tambahkan terigu untuk mengentalkan dan sedikit susu cair jika suka

siram diatas steak daging

(bisa ditambahkan black pepper untuk cita rasa yang berbeda atau tambahkan jamur champignon)

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Iga Bakar Madu

Iga Bakar Madu

Resep iga sapi banyak sekali ragamnya, dan untuk yang dibaka salah satunya adalah Iga Bakar Madu. Madu memberikan sensasi sendiri dalam masakan yang dibakar, dipadu dengan daging iga yang menempel pada tulang sehingga kaldu tulang lebih meresap ke dagingnya saat dimasak

Bahan-bahan:

  •   500 gr iga sapi, bagi yang senang kambing juga boleh diganti kambing
  •   3 siung bawang putih, cincang halus
  •   ½ buah bawang bombay, cincang halus
  •   4 sendok makan madu, pilih madu yag aromanya sesuai selera, karena beberapa madu diambil dari perkebunan tertentu             seperti leci, lengkeng dan lain-lain (psssstt jangan yang deket kebun pete yaaaa)
  •   1 sendok makan kecap manis
  •   1 sendok teh kecap asin
  •   ½ sendok makan saus tiram
  •   ½ sendok teh pala bubuk
  •   ½ sendok teh merica bubuk
  •   ½ sendok teh gula pasir
  •   garam secukupnya
  •   2000 ml air
  •   2 sendok makan minyak wijen untuk menumis
  •   tulang sapi untuk membuat kaldu atau saat direbus iganya juga mengandung tulang

Cara Membuat:

  • Rebus iga sapi kurang lebih 2 jam sampai empuk dan mendapatkan kaldunya, tambahkan air jangan sampai tiris
  • Tumis bawang putih, bawang bombay, sampai harum.
  • Masukkan iga sapi. Aduk merata dan masak sampai berubah warna.
  • Tambahkan madu, kecap manis, kecap asin, saus tiram, pala bubuk, garam, dan merica. Aduk sampai bumbu merata.
  • Tuangkan air dalam beberapa tahap. Masak sampai bumbu meresap dan matang.
  • Bakar kurang lebih 15 menit di atas wajan pembakaran. Sesekali olesi dengan kuahnya atau dengan madu campur kecap.
  • Sajikan dengan kuah kaldunya, dengan diberi tambahan merica dan garam sesuai selera, dan daun bawang jika suka.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sop Buntut Sapi

sop buntut sapi

Bahan :
* Buntut Sapi


* Wortel potong -potong  belah dua memanjang
* Kentang 1 bh, potong dadu
* Daun Seledri cincang halus
* Irisan Bawang Merah goreng
* Mentega 3 sdm

Bumbu :
* 3 siung bawang putih
* Lada butir sesuai selera
* Garam secukupnya
* Gula pasir 1 sdt

Cara Membuat :

1. Rebus buntut sapi selama +/- 1 jam atau sampai daging agak empuk.
2. Haluskan bawang putih, lada, dan garam lalu goreng dalam mentega
3. Masukan wortel dan kentang, rebus sampai matang
4. Masukan daun seledri, penyedap rasa dan gula
5. Aduk rata, matikan api , sajikan dalam keadaan panas

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Rolade Daging

Rolade Daging

Buat meat lover ini adalah menu favorit, karena full daging, cara membuatnya sama dengan kalau kita mau membuat bola-bola daging atau hamburger. Isiannya pun bisa beragam mau sayuran biasanya wortel, asparagus atau telur dadar maupun daging lagi seperti sosis

Bahan-bahan:

Daging giling 500 gram, yang bagus daging cinsangnya tanpa lemak, agar tidak terlalu berminyak

Bahan Rolade Daging

Bawang bombay 2 (diiris halus)
Bawang putih 5 (diulek halus)
Lada bubuk 1 sdm
Garam 1 sdm
Telur ayam 4 butir (campur semuanya putih +kuning telrnya)
Kaldu sapi bubuk 2 sdm (kalau suka)

Bahan dan bumbu Rolade Daging

Isinya:
Telor dadar tipis

Telor Dadar

Sausnya:
Bawang putih 1 (diulek halus)
Bawang bombay 1 (diiris halus)
Kaldu daging sapi
Lada bubuk 1 sdt
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
Tepung Maizena sedikit untk mengentalkan saus

Saus Rolade Daging

Cara membuat:

Tumis bawang bombay, bawang putih & daun bawang dengan margarin sampai harum lalu angkat.
Masukkan bumbu yang sdh ditumis kedalam wadah lalu aduk semua dengan daging giling, lada, pala, garam, telur & kaldu. Aduk hingga tercampur dengan rata semuanya dengan tangan hingga kalis.

Bahan daging dicampur bumbu dan telur

Untuk sausnya: tumis bawang putih dan bayamng bombay sampai harum, kemudian masukan kaldu daging sapi dan bumbu lainnya. Setelah mendidih beri tepung maizena sampai mengental.

Cara membungkusnya:
Ambil kertas alumunium foil lalu pertama2 :
Taruh 1/4 bagian adonan daging keatas alumunium foil lalu pipihkan.

Bahan di taruh dalam alumunium foil

Telur disatukan diatas daging

Kemudian taruh diatasnya telur dadar  kemudian taruh 1 buah wortel diatas telur kemudian digulung.Setelah itu rapatkan ujungnya kiri kanan.
Lakukan hingga adonan habis
Kemudian rolade dikukus/direbus kurang lebih 45 menit-60 menit hingga matang.Angkat tiriskan.
Potong dan hidangkan panas-panas bersama sausnya bisa dengan pendamping pure kentang atau kentang rebus, dan rebusan sayur
1 bungkus rolade bisa jadi 8-10 potong.

Rolade Daging

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Kemaren pas ada ketemuan sama anak-anak ex Percik’s, ketemuannya di restoran Garuda Pondok Indah, katanya disini yang enak Dendeng Batokoknya, pas dicoba beneran maknyusss, pulangnya mau cobain buat sendiri deh Dendeng Batokoknya, belanjalah daku bahan-bahan dan bumbunya. Sampai dirumah sambal hijaunya lupa kebeli, gak apa apa deh walau aslinya di resto Garuda sambal hijau, sambal merah is okay kok, mulai masak deh

Bahan utama Dendeng Batokok, yang merupakan makanan khas Minang ini adalah :

500 gram daging has dalam, dicuci dengan bersih

daging has dalam untuk Dendeng Batokok

Sambalnya tergantung selera bisa sambal hijau yang merupakan Dendeng Batokok Melayu atau sambal merah yang dari Minang

Bumbu daging:

air secukupnya digunakan untuk merebus

1/2 sendok teh merica, saya biasanya pakai merica biji karena harum dan sensasinya beda

2 siung bawang putih, digeprak

2 buah pekak

garam secukupnya

menurut tukang soto langganan katanya rebus daging itu 2 jam ga pake dibuka tutup pancinya dan dagingnya dimasukkan setelah airnya mendidih ya, oh ya apinya kecil aja

bumbu Dendeng Batokok

 

Bumbu halus:

2 buah bawang merah

2 siung bawang putih

1/2 sendok teh merica

1/2 sendok teh ketumbar

1/2 sendok makan air asam

garam sesuai selera

gula pasir sesuai selera

air cukupan saja

Minyak sayur

 

bumbu halus Dendeng Batokok

CARA MEMBUAT DENDENG BATOKOK – RESEP MASAKAN PADANG DENDENG BATOKOK

1. Masak air hingga mendidih, tambahkan bumbu daging, tambahkan daging, lanjutkan memasak hingga daging lunak.

2. Angkat daging dan biarkan air turun. Iris daging mengukiti seratnya. Daging dipukul sedikit menggunakan pemukul daging.

3. Semua bumbu halus digilng, tambahkan air, garam dan gula sesuai selera. Kemudian diaduk sampai bumbu menyatu.

4. Masukan irisan daging pada gilingan bumbu halus. Dan diamkan selama 1 jam.

5. Siapkan minyak sayur, goreng daging menggunakan api sedang hingga kehitaman namun tidak hangus. angkat dan tiriskan.

6. Sajikan bersama sambalnya

 

Sambal merah atau ijo :

5 buah cabe, dipotong secara kasar

4 buah bawang merah

1 buah tomat (atau cukup separuhnya)

1/2 sendok makan air asam

garam sesuai selera

gula sedikit saja sesuai selera

minyak kelapa

 

Cara membuat sambal:

1. Cabe dikukus bersama bawang dan tomat hingga lunak, sebentar aa ya kukusnya

2. hasil kukusan tadi digiling kasar, tambahkan garam, gula dan air asam.

3. Hasil gilingan ditumis beberapa saat menggunakan minyak kelapa. setelah harum diangkat

 

Selamat Menikmati

Dendeng Batokok

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Garang Asem Daging

Garang Asem Daging

Garang Asem Daging ini dulu mama biasa buatkan di hari – hari khusus seperti ultah nya papa karena papa itu minded banget sama makanan khas Indonesia

Selain berbahan utama daging bahannya bisa diganti dengan ikan, iga sapi atau paha kambing

Daging Has Dalam

Bahan :

  • 250 gr Daging Sapi, potong dadu
  • 600 ml Air
  • 1 buah Tomat hijau, potong-potong
  • 4 buah Belimbing Sayur, belah dua
  • 50 gr Buncis, potong 3-4 cm
  • 100 ml Air Asam
  • 2 sdm Minyak Goreng untuk menumis
  • Daun Pisang untuk membungkus

 

Bumbu-bumbu Garang Asem Daging

Bumbu :

  • 8 butir Bawang Merah, iris tipis
  • 3 siung Bawang Putih, iris tipis
  • 2 buah Cabe Merah, potong-potong
  • 2 buah Cabe Hijau, potong-potong
  • 2 cm Lengkuas, memarkan
  • 2 lembar Daun Salam
  • 2 sdm Kecap Manis 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Merica Bubuk
  • 1/2 sdt Gula Pasir

Caranya :

1. Rebus daging sapi dan air hingga daging empuk, angkat dan sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan semua bahan bumbu yang lain.

3. Tambahkan daging dan bahan yg lain ( jika perlu tambahkan air secukupnya ).

4. Taruh di daun pisang dan bungkus seperti membungkus botok

5. Kukus hingga matang kurang lebih 30 menit lalu angkat. Sajikan hangat.

Selamat menikmati

Garang Asem Daging

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Semur Daging

Semur Daging Sapi

Semur Daging Sapi

Semur Daging khas Betawi ini lengkap bumbunya. Aromanya wangi dan rasa bumbunya gurih-gurih manis dan pekat.

Saya ingat benar waktu masih tinggal di Cawang ada dua warung nasi uduk betawi yang Semur Daging nya enak banget,

jadi akhirnya ingin tahu apa sih resepnya

Bahan:
500 g daging sapi has luar
2 sdm minyak sayur
2 lembar daun salam
150 ml kecap manis
500 ml air
3 buah kentang, kupas, potong 4, goreng setengah kering
Haluskan:
5 butir kemiri
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
¼ butir pala
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

  • Potong daging melintang serat 2 cm atau sesuai selera. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.
  • Masukkan irisan daging, aduk hingga kaku dan berubah warna.
  • Tuangi air, tambahkan kecap manis dan daun salam.
  • Beri kecap dan air.
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging hampir lunak.
  • Masukkan kentang, masak kembali hingga kuah kental dan daging empuk.
  • Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 8 orang

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter