Udang Saus Jeruk

Udang Saus Jeruk

Udang merupakan lauk yang banyak penggemarnya. selain mudah mengolahnya, udang juga mudah divariasikan. Seperti belajar masak kali ini. Udang saus jeruk.

Bahan :

500 gr udang yang besar dicuci bersih dan kupas kulitnya

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

2 siung bawang putih

2 buah bawang bombai

minyak untuk menggoreng

 

Bumbu yang diperlukan :

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt garam

3 sdm tepung terigu

1 sdm tepung kanji

1/2 sdt baking powder

 

Bahan untuk saus :

7 sdm gula pasir

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

1 sdm maizena

2 sdm air

1/2 sdt merica bubuk

1 sdm kecap manis

garam secukupnya

 

Cara mengolah udang sebagi berikut :

Udang yang sudah dicuci bersih di campur dengan tepung terigu, kanji, merica bubuk dan garam. Aduk sampai rata.

Panaskan minyak kemudian goreng udang yang sudah diselimuti tepung sampai kuning kecoklatan lalu angkat dan sisihkan.

Sambil menunggu udah digoreng, kita siapkan sausnya. Campur semua bahan saus dan masak dipanci sambil diaduk-aduk hingga mengental.

Minyak sisa menggoreng udang kita pakai untuk menumis bawang putih, bawang bombai, hingga harum lalu masukkan udang goreng. Aduk hingga rata. Terakhir, tambahkan saus, aduk lagi dan diamkan sebentar kemudian angkat.

Udang saus jeruk siap dihidangkan.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Rolade Daging

Rolade Daging

Buat meat lover ini adalah menu favorit, karena full daging, cara membuatnya sama dengan kalau kita mau membuat bola-bola daging atau hamburger. Isiannya pun bisa beragam mau sayuran biasanya wortel, asparagus atau telur dadar maupun daging lagi seperti sosis

Bahan-bahan:

Daging giling 500 gram, yang bagus daging cinsangnya tanpa lemak, agar tidak terlalu berminyak

Bahan Rolade Daging

Bawang bombay 2 (diiris halus)
Bawang putih 5 (diulek halus)
Lada bubuk 1 sdm
Garam 1 sdm
Telur ayam 4 butir (campur semuanya putih +kuning telrnya)
Kaldu sapi bubuk 2 sdm (kalau suka)

Bahan dan bumbu Rolade Daging

Isinya:
Telor dadar tipis

Telor Dadar

Sausnya:
Bawang putih 1 (diulek halus)
Bawang bombay 1 (diiris halus)
Kaldu daging sapi
Lada bubuk 1 sdt
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
Tepung Maizena sedikit untk mengentalkan saus

Saus Rolade Daging

Cara membuat:

Tumis bawang bombay, bawang putih & daun bawang dengan margarin sampai harum lalu angkat.
Masukkan bumbu yang sdh ditumis kedalam wadah lalu aduk semua dengan daging giling, lada, pala, garam, telur & kaldu. Aduk hingga tercampur dengan rata semuanya dengan tangan hingga kalis.

Bahan daging dicampur bumbu dan telur

Untuk sausnya: tumis bawang putih dan bayamng bombay sampai harum, kemudian masukan kaldu daging sapi dan bumbu lainnya. Setelah mendidih beri tepung maizena sampai mengental.

Cara membungkusnya:
Ambil kertas alumunium foil lalu pertama2 :
Taruh 1/4 bagian adonan daging keatas alumunium foil lalu pipihkan.

Bahan di taruh dalam alumunium foil

Telur disatukan diatas daging

Kemudian taruh diatasnya telur dadar  kemudian taruh 1 buah wortel diatas telur kemudian digulung.Setelah itu rapatkan ujungnya kiri kanan.
Lakukan hingga adonan habis
Kemudian rolade dikukus/direbus kurang lebih 45 menit-60 menit hingga matang.Angkat tiriskan.
Potong dan hidangkan panas-panas bersama sausnya bisa dengan pendamping pure kentang atau kentang rebus, dan rebusan sayur
1 bungkus rolade bisa jadi 8-10 potong.

Rolade Daging

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tuna Goreng Tepung

Tuna Goreng Tepung

Ikan adalah salah satu lauk sehat karena mengandung Omega 3, dulu untuk mengenalkan makanan laut untuk anak-anak sebelum salmon trend adalah ikan tuna

Tuna yang di goreng tepung sangat digemari anak-anak, karena ikannya menjadi renyah dan dengan diberi air jeruk nipis atau cuka dan garam berkurang bau anyirnya

Tuna Goreng Tepung menjadi salah satu lauk favorit anak-anak sampai sekarang

Bahan-bahan :

500 gram fillet ikan tuna segar , iris dadu atau sesuai selera

Garam secukupnya

Air jeruk nipis secukupnya kalau tidak ada bisa diganti dengan cuka kemudian disiram dengan air bersih lagi

Tepung bisa kita buat sendiri dengan bahan 300 gram tepung terigu dan 100 gram tepung sagu dicampur, tambahkan garam dan merica, jika suka tambahkan bubuk cabe

atau kalau tidak mau repot bisa menggunakan 2 bungkus tepung bumbu siap pakai

Minyak goreng secukupnya

Bahan Tuna Goreng Tepung

Cara membuat :
– Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk dan garam, sisihkan
– Masukkan dalam wadah plastik ikan kedalam tepung berbumbu, kocok hingga rata
– Panaskan minyak, masukkan ikan yang telah dilumuri tepung, masak hingga matang dan berwarna kuning emas
– Angkat, tiriskan

Sajikan hangat-hangat untuk sensasi renyah garingnya

Tuna Goreng Tepung

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Pindang Bandeng

Pindang Bandeng

 

Bahan – bahan Pindang Bandeng

 

Bahan Pindang Bandeng : 

1 kg ikan bandeng(bersihkan insang, bagian perut dibuang supaya ga amis ya, jangan dibuang sisiknya, potong jadi 3 bagian) lumuri dengan garam dan air jeruk nipis

1 sdt garam

100 ml minyak, untuk menumis
50 gr gula merah
2 btg serai, memarkan
2 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
500 ml air

Bumbu Pindang Bandeng :
4 bh cabe merah besar
10 bh bawang merah
5 siung bawang putih (Biarkan utuh, lalu dipanggang atau disangrai dalam wajan)

 

Bumbu dihaluskan untuk Pindang Bandeng

 

Bumbu halus: (gambar 2)
100 gr bawang merah
3 siung bawang putih
50 gr cabe merah
50 gr kemiri
1 ruas kunyit
100 gr kluwak

Cara membuat Pindang Bandeng : (gambar 3)
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, tambahkan air, ikan bandeng, dan bumbu lain. Masak sampai semua bahan matang.

Cara memasak Pindang Bandeng

2. Masak selama 2 jam, tutup panci, masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.

Selamat Menikmati

Pindang Bandeng

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Kemaren pas ada ketemuan sama anak-anak ex Percik’s, ketemuannya di restoran Garuda Pondok Indah, katanya disini yang enak Dendeng Batokoknya, pas dicoba beneran maknyusss, pulangnya mau cobain buat sendiri deh Dendeng Batokoknya, belanjalah daku bahan-bahan dan bumbunya. Sampai dirumah sambal hijaunya lupa kebeli, gak apa apa deh walau aslinya di resto Garuda sambal hijau, sambal merah is okay kok, mulai masak deh

Bahan utama Dendeng Batokok, yang merupakan makanan khas Minang ini adalah :

500 gram daging has dalam, dicuci dengan bersih

daging has dalam untuk Dendeng Batokok

Sambalnya tergantung selera bisa sambal hijau yang merupakan Dendeng Batokok Melayu atau sambal merah yang dari Minang

Bumbu daging:

air secukupnya digunakan untuk merebus

1/2 sendok teh merica, saya biasanya pakai merica biji karena harum dan sensasinya beda

2 siung bawang putih, digeprak

2 buah pekak

garam secukupnya

menurut tukang soto langganan katanya rebus daging itu 2 jam ga pake dibuka tutup pancinya dan dagingnya dimasukkan setelah airnya mendidih ya, oh ya apinya kecil aja

bumbu Dendeng Batokok

 

Bumbu halus:

2 buah bawang merah

2 siung bawang putih

1/2 sendok teh merica

1/2 sendok teh ketumbar

1/2 sendok makan air asam

garam sesuai selera

gula pasir sesuai selera

air cukupan saja

Minyak sayur

 

bumbu halus Dendeng Batokok

CARA MEMBUAT DENDENG BATOKOK – RESEP MASAKAN PADANG DENDENG BATOKOK

1. Masak air hingga mendidih, tambahkan bumbu daging, tambahkan daging, lanjutkan memasak hingga daging lunak.

2. Angkat daging dan biarkan air turun. Iris daging mengukiti seratnya. Daging dipukul sedikit menggunakan pemukul daging.

3. Semua bumbu halus digilng, tambahkan air, garam dan gula sesuai selera. Kemudian diaduk sampai bumbu menyatu.

4. Masukan irisan daging pada gilingan bumbu halus. Dan diamkan selama 1 jam.

5. Siapkan minyak sayur, goreng daging menggunakan api sedang hingga kehitaman namun tidak hangus. angkat dan tiriskan.

6. Sajikan bersama sambalnya

 

Sambal merah atau ijo :

5 buah cabe, dipotong secara kasar

4 buah bawang merah

1 buah tomat (atau cukup separuhnya)

1/2 sendok makan air asam

garam sesuai selera

gula sedikit saja sesuai selera

minyak kelapa

 

Cara membuat sambal:

1. Cabe dikukus bersama bawang dan tomat hingga lunak, sebentar aa ya kukusnya

2. hasil kukusan tadi digiling kasar, tambahkan garam, gula dan air asam.

3. Hasil gilingan ditumis beberapa saat menggunakan minyak kelapa. setelah harum diangkat

 

Selamat Menikmati

Dendeng Batokok

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Garang Asem Daging

Garang Asem Daging

Garang Asem Daging ini dulu mama biasa buatkan di hari – hari khusus seperti ultah nya papa karena papa itu minded banget sama makanan khas Indonesia

Selain berbahan utama daging bahannya bisa diganti dengan ikan, iga sapi atau paha kambing

Daging Has Dalam

Bahan :

  • 250 gr Daging Sapi, potong dadu
  • 600 ml Air
  • 1 buah Tomat hijau, potong-potong
  • 4 buah Belimbing Sayur, belah dua
  • 50 gr Buncis, potong 3-4 cm
  • 100 ml Air Asam
  • 2 sdm Minyak Goreng untuk menumis
  • Daun Pisang untuk membungkus

 

Bumbu-bumbu Garang Asem Daging

Bumbu :

  • 8 butir Bawang Merah, iris tipis
  • 3 siung Bawang Putih, iris tipis
  • 2 buah Cabe Merah, potong-potong
  • 2 buah Cabe Hijau, potong-potong
  • 2 cm Lengkuas, memarkan
  • 2 lembar Daun Salam
  • 2 sdm Kecap Manis 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Merica Bubuk
  • 1/2 sdt Gula Pasir

Caranya :

1. Rebus daging sapi dan air hingga daging empuk, angkat dan sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan semua bahan bumbu yang lain.

3. Tambahkan daging dan bahan yg lain ( jika perlu tambahkan air secukupnya ).

4. Taruh di daun pisang dan bungkus seperti membungkus botok

5. Kukus hingga matang kurang lebih 30 menit lalu angkat. Sajikan hangat.

Selamat menikmati

Garang Asem Daging

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Pepes Ikan Mas

pepes ikan mas

Bahan

  • 3 ekor ikan mas segar, ukuran sedang
  • 2 sdt garam
  • 2 butir jeruk nipis, ambil airnya untuk mengurangi amis ikan

Haluskan

  • 12 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 2 batang serai, ambil bagian putih
  • 1 sdt garam
  • 2 tangkai kemangi, petik daunnya saja
  • 2 batang daun bawang, iris melintang ½ cm
  • 15 buah cabai rawit merah utuh
  • 3 batang serai, ambil bagian putih, potong melintang 5 cm
  • 6 lembar daun salam
  • Daun pisang batu untuk membungkus

Cara membuat

  • bersihkan ikan, kerat kedua sisinya. Lumuri badan ikan luar dalam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  • aduk rata bumbu halus, ragi, kemangi, daun bawang, cabai rawit, dan serai. Isikan sebagian bumbu di dalam perut ikan, dan sisanya oleskan pada badan ikan.
  • ambil dua lembar daun pisang, taruh 2 lembar daun salam dan ikan berbumbu diatasnya. Bungkus dan semat kedua ujungnya dengan lidi.
  • kukus dalam dandang panas 2 jam sampai ikan empuk dan matang. Angkat, kemudian bakar/panggang di oven lebih enak jika dibakar diatas bara api dengan sabut kelapa sebagai arangnya.

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Ikan Kembung Pesmol

Bumbu Halus

Ikan Kembung Pesmol

Masakan Ikan Kembung Pesmol ini di beberapa daerah juga ada dengan nama yang sedikit berbeda tapi dengan ciri bumbu yang sama, dan yang utama adalah di kemirinya yang membuat masakan ini gurih dengan sensasi khusus

Bahan Yang Dibutuhkan

  • 3 ekor ikan kembung, bersihkan
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 10 gr ketumbar
  • 20 gr kunyit
  • 3 batang sereh
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 10 gr kemiri
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 55 cc cuka
  • 10 gr gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 buah cabai merah, iris-iris
  • 10 gr cabai rawit
  • 5 buah tomat atau saya sering menggantinya dengan belimbing sayur, potong-potong dadu
  • 2 batang daun bawang, iris-iris
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  • Lumuri ikan dengan garam dan cukauntuk menghilangkan amis. Biarkan selama 15 menit.
  • Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan kunyit.
  • Panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan hinga harum.
  • Tambahkan air, garam, gula, cuka. Masukkan cabai merah, cabai rawit, daun bawang, tomat, sereh dan lengkuas.
  • Masukkan ikan kembung, masak beberapa saat, tutup agar bumbu meresap
  • Matikan api dan biarkan masakan bernafas, hal ini sering saya lakukan karena membuat masakan lebih enak

Selamat menikmati

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Semur Daging

Semur Daging Sapi

Semur Daging Sapi

Semur Daging khas Betawi ini lengkap bumbunya. Aromanya wangi dan rasa bumbunya gurih-gurih manis dan pekat.

Saya ingat benar waktu masih tinggal di Cawang ada dua warung nasi uduk betawi yang Semur Daging nya enak banget,

jadi akhirnya ingin tahu apa sih resepnya

Bahan:
500 g daging sapi has luar
2 sdm minyak sayur
2 lembar daun salam
150 ml kecap manis
500 ml air
3 buah kentang, kupas, potong 4, goreng setengah kering
Haluskan:
5 butir kemiri
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
¼ butir pala
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

  • Potong daging melintang serat 2 cm atau sesuai selera. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.
  • Masukkan irisan daging, aduk hingga kaku dan berubah warna.
  • Tuangi air, tambahkan kecap manis dan daun salam.
  • Beri kecap dan air.
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging hampir lunak.
  • Masukkan kentang, masak kembali hingga kuah kental dan daging empuk.
  • Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 8 orang

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter