Roti Udang Wijen

Roti Udang Wijen

Roti Udang Wijen

Resep ini dapetnya dari ibu saya. Enaaaak deh… Lebih enak lagi kalo tau resepnya trus praktekin sendiri, hehehe πŸ˜€

Bahan-bahannya:
Kulit:
10 lbr roti tawar, bentuk segitiga, potong masing-masing menjadi 2 bagian
50 gr biji wijen
200 ml minyak goreng

Isi:
250 gram udang, cincang halus
1 butir telur
1 1/2 sdm tepung sagu
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm air jahe
1 1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
1/2 bh bawang bombay, iris kecil tipis
20 gr bengkuang, iris kecil
2 bh jamur hioko, rendam air, potong kecil
1/2 batang daun bawang, iris halus

Cara membuatnya:
Isi: campur semua bahan, aduk dengan tangan sampai rata dan lengket, sisihkan.

Ambil 1 potong roti tawar, letakkan 1 sendok teh adonan isi di atasnya, lalu taburi dengan sebagian biji wijen hingga rata.

Panaskan minyak, lalu masukkan roti udang, masak di atas api kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan.

Sajikan bersama saus sambal. Sedaaapp! πŸ˜€

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sosis Solo

Sosis Solo

Sosis Solo

Sosis Solo ini ngetop banget dimana-mana, nggak cuma di Solo aja πŸ˜€ Bisa buat bahan pelengkap menu masakan berkuah apa aja dengan cara diiris-iris atau untuk dimakan langsung dengan cabe. Mau coba bikin, bunda? Ini resepnya :)

Bahan-bahan:
Bahan kulit:
– 6 butir telur
– 125 ml santan
– Garam secukupnya
– 500 ml minyak goreng
Isi:
– 1 sdm minyak goreng
– 1/2 bh bawang bombay, cincang halus
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 200 gr daging giling
– 1/4 sdt ketumbar bubuk
– 1 butir telur
– 3 sdm santan kental
– Garam secukupnya

 

Cara membuat:

1. Isi: Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna, masukan ketumbar aduk rata, angkat lalu tambahkan telur dan santan, aduk rata.

2. Kulit: Kocok telur, santan dan garam hingga tercampur rata. Panaskan pan dadar, olesi dengan minyak goreng lalu buat dadar tipis. Angkat, lakukan hal yang sama hingga bahan habis.

3. Ambil selembar kulit, letakkan bahan isian, lipat lalu gulung hingga rapih

4. Kukus selama 25 menit atau hingga matang. Angkat.

5. Panaskan minyak goreng, goreng sosis solo hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Lemper Ayam

Lemper Ayam

Lemper Ayam

Ada gurihnya, ada asinnya, ada manisnya.. Tapi nggak rame kaya permen N*ano-N*ano rasanya, hihi.. :)

Bahan adonan lemper:

  • 500 gr beras ketan direndam 1 jam, kukus 30 menit
  • 350cc santan 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 batang sereh, memarkan
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat lemper:

  • Campur beras ketan yang sudah dikukus dengan santan mendidih. Aduk sampai santan meresap. Kukus sampai ketan matang.

Bahan isi lemper:

  • 1/2 ekor ayam rebus
  • 1 sdt ketumbar
  • 10 butir jintan
  • 1 potong lengkuas
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt serai, memarkan
  • 1 lbr daun salam
  • 200c santan dari 1/3 kelapa

Cara membuat:

  • Daging ayam disobek-sobek sampai halus. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan daging ayam dan santan. Masak sambil diaduk, sampai santan habis dan agak mengering.
    Ambil 2 sendok makan ketan, isi dengan 2 sendok teh adonan isi, dibentuk lonjong dan bungkus dengan daun.
    Siap dihidangkan :)

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Udang Goreng Tepung Crispy

Udang Goreng Tepung Crispy

Udang Goreng Tepung Crispy

Hampir semua orang kayanya suka sama makanan satu ini deh.

Kalaupun nggak doyan seafood karena aromanya yang tajam, minimal udang ditepungin gini akan membantu meminimalisir rasa amis udang looh, ketutup sama enak renyahnya, hehe..

Bahan-bahan :

β€’ 500 gr udangΒ  jerbung ukuran sedang, buang kepalanya, bersihkan punggungnya
β€’ minyak goreng secukupnya

Adonan tepung :

β€’ 125 gr tepung terigu
β€’ 200 ml air
β€’ 1 butir telur, kocok lepas
β€’ Β½ sdt garam
β€’ ΒΌ sdt lada bubuk

Cara membuatnya:

1. Aduk bahan tepung sampai rata dan halus, lalu guling-gulingkan udang kedalam adonan tersebut.
2. Goreng sampai matang. Hidangkan.
Super gampang kaaann? πŸ˜‰

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Roti Panggang Keju

Roti Panggang Keju

Roti Panggang Keju

 

Roti tawar adalah bahan dasar makanan yang paling seru buat diapa-apain. Dikasih topping manis maupun gurih oke aja. Dimakan langsung atau dipanggang sama enaknya. Tapiii.. Kalo favorit saya roti tawar dengan topping apapun harus dipanggang. Lebih kres kres dan mantap rasanya, salah satunya dipanggang dengan taburan keju parut ala resep ini :)

Bahan Roti Panggang Keju :

  • 4 lembar roti tawar atau roti gandum

Olesan:

  • 100 ml keju krim
  • 2 sdm MILO bubuk

Topping:

  • 50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat Roti Panggang Keju :

  1. Panggang roti dengan toaster hingga agak kering. Angkat.
  2. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan hingga rata.
  3. Beri Topping, sajikan segera.

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sandwich Telur

Sandwich Telur

Sandwich Telur

Sandwich telur ini rasanya guriiih dan creamy sehingga membuat setiap gigitan terasa maknyuuuss kalo kata Pak Bondan! πŸ˜€

Cara bikinnya supersimpel.

Bahan-bahannya:

  • 3 butir telur rebus
  • 1/4 bh ketimun
  • 4 lbr roti tawar atau roti gandum
  • 25 gr mayones
  • 3 sdm mentega
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Daun selada secukupnya
  • 2 lbr daging asap

Cara membuat:

  • Buang biji ketimun, potong dadu lalu sisihkan
  • Hancurkan telur rebus dengan garpu
  • Campurkan telur, ketimun, garam, lada dan mayones lalu aduk rata
  • Olesi roti dengan mentega, tambahkan daging asap, adonan telur, daun selada. Lalu tutup dengan selembar roti diatasnya, padatkan
  • Potong-potong sesuai selera jika suka, sajikan.

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi

 

Kue bercitarasa gurih-gurih manis ini favorit keluarga saya banget! Setiap mampir ke toko kue langganan, anak saya pasti nggak pernah nggak minta beli, hehehe.. Akhirnya penasaran jadi pengen coba bikin sendiri. Ternyata nggak kalah tuuh rasanya dengan yang ada di toko kue langganan keluarga saya πŸ˜€

Ini yaaah resep kue talam gurih ala chef Rina πŸ˜‰

Bahan-bahannya:

  1. 250 gr ubi, kukus lalu haluskan
  2. 200 gr tepung beras
  3. 800 cc santan dari 2 butir kelapa
  4. 150 gr sagu kanji
  5. Garam secukupnya
  6. Semua bahan dicampur jadi satu

Pelengkap:

Pewarna kuning secukupnya

Lapisan:

  1. 100 gr tepung beras
  2. 200 cc santan
  3. 25 gr sagu kanji
  4. Garam secukupnya
  5. Campur rata semua bahan pelapis

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan ubi lalu beri pewarna kuning. Masukkan ke dalam cetakan talam. Kukus selama 10 menit
  2. Beri adonan lapisan. Kukus lagi 10 menit. Angkat dari kukusan. Biarkan dingin
  3. Keluarkan dari cetakan.
  4. Hidangkan

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sup Matahari Solo

Sup Matahari Solo

 

Sup Matahari Solo

Sup Matahari ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka di acara-acara pesta perkawinan di kota Solo. Itulah kenapa sup ini biasa disebut juga ‘sup pengantin’. Rasanya sih kurang lebih sama aja seperti sup biasa, tapi isinya aja yang sedikit beda karena semua isinya dibungkus cantik dalam telur dadar yang dibentuk seperti bunga matahari. Cara buatnya gampiiil! :)

Bahan-bahannya:

  1. Β 4 butir telur ayam dikocok lepas, beri garam secukupnya, bikin dadar sisihkan
  2. 200 gr daging ayam, giling halus, beri garam dan lada
  3. 50 gr jamur karang putih, rendam, cincang
  4. 50 gr sosis sapi, iris tipis-tipis
  5. 50 gr wortel serut kasar
  6. 2o gr jamur kuping, rendam iris kasar
  7. 250 gr tulang ayam
  8. 4 butir bawang merah, haluskan
  9. 4 siung bawang putih, haluskan
  10. Lada dan garam secukupnya
  11. Daun bawang dan seledri secukupnya, iris kasar
  12. Bawang goreng sebagai taburan

Β Cara membuat :

  • Buat kuah sup seperti biasa, masukkan tulang ayam agar kuahnya gurih
  • Isi dadar dengan urutan, wortel, jamur kuping, jamur karang dan ayam giling
  • Lipat segiempat, balikkan lalu kukus sampai matang.
  • Belah keempat sisinya lalu buka hingga membentuk kelopak bunga matahari
  • Sajikan di mangkok dengan iris dadar atasnya bentuk seperti kembang, lalu siram dengan kuah sup, taburkan bawang goreng, daun bawang dan seledri

Selamat menikmatiii! :)

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Mushroom Puffs

mushroom-puffs-l

Mushroom Puffs

Bikin olahan pastry nggak sesusah dulu lagi di zaman serba instan gini. Bahan pastry instan begitu mudah didapat looh, tinggal pinter-pinternya kita aja ngolahnya. Salah satunya menu pembuka satu ini. Yuuukkk! πŸ˜‰

Bahan-bahannya:

  • 300 gr krim keju
  • 200 gr jamur champignon
  • 3 butir bawamg merah, haluskan
  • 50 gr keju parmesan
  • 1/4 sdt saus sambal
  • 1 butir telur
  • 10 lbr pastry instan siap masak
  • 2 sdt lada bubuk

Cara membuat:

      1. Kocok krim keju dengan mixer kecepatan sedang sampai halus. Masukkan jamur dan bahan-bahan lainnya. Tutup dan dinginkan 1 sampai 24 jam.
      2. Panaskan oven sampai 400 Β°. Kocok telur dan 1 sdm air dalam mangkuk kecil. Gulung 1 lembar puff pastry menjadi 16 – x 10 inci persegi panjang pada tatakan. Potong kue berbentuk setengah memanjang. Oleskan 1/2 cangkir campuran cream cheese ke tengah persegi, sikat tepi dengan campuran telur. Lipat masing-masing tepi untuk menutup. Potong kue menjadi 10 buah masing-masing, dan tempatkan pada selembar kertas perkamen. Ulangi hingga bahan habis.
      3. Oleskan sisa campuran telur keatas potongan kue, taburi dengan lada.
      4. Panggang pada suhu 400 Β° selama 20 sampai 25 menit atau sampai kecoklatan. Sajikan segera.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Pie Tuna Apel

Pie Tuna Apel

Pie Tuna Apel

Dari namanya udah ketebak dong yaa rasanya pasti gurih-gurih manis karena ada rasa ikan tuna, keju berpadu dengan manisnya apel. Mungkin aneh yaa kedengarannya? Ikan ketemu buah? Hihi..

Daripada penasaran mending coba praktekin resepnya aja yuk! πŸ˜‰

Bahan-bahannya:

  • 1 cup mayonnaise
  • 200 gr apel merah
  • Daun seledri secukupnya, cacah kasar
  • 2 sdm bawang merah yang dihaluskan
  • 2 butir telur rebus, kupas kulitnya, cacah-cacah
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 100 gr tuna fillet, cacah-cacah halus
  • 5 lbr keju slice
  • Garnish: potong tipis-tipis buah apel seperti pada gambar

Cara membuat:

  1. Campur dan aduk rata semua bahan. Dinginkan dalam kulkas selama 1 jam.
  2. Ambil satu sendok makan adonan, letakkan masing-masing dalam cetakan pie berukuran 15- x 10 inci. Tutup dengan lapisan keju.
  3. Panaskan oven. Lalu panggang selama 5 menit hingga keju meleleh. Sajikan dengan garnish apel sebagai pemanis.

Tadaaa.. Selamat menikmati! :)

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter