Lemper Ayam

Lemper Ayam

Lemper Ayam

Ada gurihnya, ada asinnya, ada manisnya.. Tapi nggak rame kaya permen N*ano-N*ano rasanya, hihi.. :)

Bahan adonan lemper:

  • 500 gr beras ketan direndam 1 jam, kukus 30 menit
  • 350cc santan 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 batang sereh, memarkan
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat lemper:

  • Campur beras ketan yang sudah dikukus dengan santan mendidih. Aduk sampai santan meresap. Kukus sampai ketan matang.

Bahan isi lemper:

  • 1/2 ekor ayam rebus
  • 1 sdt ketumbar
  • 10 butir jintan
  • 1 potong lengkuas
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt serai, memarkan
  • 1 lbr daun salam
  • 200c santan dari 1/3 kelapa

Cara membuat:

  • Daging ayam disobek-sobek sampai halus. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan daging ayam dan santan. Masak sambil diaduk, sampai santan habis dan agak mengering.
    Ambil 2 sendok makan ketan, isi dengan 2 sendok teh adonan isi, dibentuk lonjong dan bungkus dengan daun.
    Siap dihidangkan :)

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Udang Goreng Tepung Crispy

Udang Goreng Tepung Crispy

Udang Goreng Tepung Crispy

Hampir semua orang kayanya suka sama makanan satu ini deh.

Kalaupun nggak doyan seafood karena aromanya yang tajam, minimal udang ditepungin gini akan membantu meminimalisir rasa amis udang looh, ketutup sama enak renyahnya, hehe..

Bahan-bahan :

• 500 gr udang  jerbung ukuran sedang, buang kepalanya, bersihkan punggungnya
• minyak goreng secukupnya

Adonan tepung :

• 125 gr tepung terigu
• 200 ml air
• 1 butir telur, kocok lepas
• ½ sdt garam
• ¼ sdt lada bubuk

Cara membuatnya:

1. Aduk bahan tepung sampai rata dan halus, lalu guling-gulingkan udang kedalam adonan tersebut.
2. Goreng sampai matang. Hidangkan.
Super gampang kaaann? 😉

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Roti Panggang Keju

Roti Panggang Keju

Roti Panggang Keju

 

Roti tawar adalah bahan dasar makanan yang paling seru buat diapa-apain. Dikasih topping manis maupun gurih oke aja. Dimakan langsung atau dipanggang sama enaknya. Tapiii.. Kalo favorit saya roti tawar dengan topping apapun harus dipanggang. Lebih kres kres dan mantap rasanya, salah satunya dipanggang dengan taburan keju parut ala resep ini :)

Bahan Roti Panggang Keju :

  • 4 lembar roti tawar atau roti gandum

Olesan:

  • 100 ml keju krim
  • 2 sdm MILO bubuk

Topping:

  • 50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat Roti Panggang Keju :

  1. Panggang roti dengan toaster hingga agak kering. Angkat.
  2. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan hingga rata.
  3. Beri Topping, sajikan segera.

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sandwich Telur

Sandwich Telur

Sandwich Telur

Sandwich telur ini rasanya guriiih dan creamy sehingga membuat setiap gigitan terasa maknyuuuss kalo kata Pak Bondan! 😀

Cara bikinnya supersimpel.

Bahan-bahannya:

  • 3 butir telur rebus
  • 1/4 bh ketimun
  • 4 lbr roti tawar atau roti gandum
  • 25 gr mayones
  • 3 sdm mentega
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Daun selada secukupnya
  • 2 lbr daging asap

Cara membuat:

  • Buang biji ketimun, potong dadu lalu sisihkan
  • Hancurkan telur rebus dengan garpu
  • Campurkan telur, ketimun, garam, lada dan mayones lalu aduk rata
  • Olesi roti dengan mentega, tambahkan daging asap, adonan telur, daun selada. Lalu tutup dengan selembar roti diatasnya, padatkan
  • Potong-potong sesuai selera jika suka, sajikan.

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi

 

Kue bercitarasa gurih-gurih manis ini favorit keluarga saya banget! Setiap mampir ke toko kue langganan, anak saya pasti nggak pernah nggak minta beli, hehehe.. Akhirnya penasaran jadi pengen coba bikin sendiri. Ternyata nggak kalah tuuh rasanya dengan yang ada di toko kue langganan keluarga saya 😀

Ini yaaah resep kue talam gurih ala chef Rina 😉

Bahan-bahannya:

  1. 250 gr ubi, kukus lalu haluskan
  2. 200 gr tepung beras
  3. 800 cc santan dari 2 butir kelapa
  4. 150 gr sagu kanji
  5. Garam secukupnya
  6. Semua bahan dicampur jadi satu

Pelengkap:

Pewarna kuning secukupnya

Lapisan:

  1. 100 gr tepung beras
  2. 200 cc santan
  3. 25 gr sagu kanji
  4. Garam secukupnya
  5. Campur rata semua bahan pelapis

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan ubi lalu beri pewarna kuning. Masukkan ke dalam cetakan talam. Kukus selama 10 menit
  2. Beri adonan lapisan. Kukus lagi 10 menit. Angkat dari kukusan. Biarkan dingin
  3. Keluarkan dari cetakan.
  4. Hidangkan

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Sup Matahari Solo

Sup Matahari Solo

 

Sup Matahari Solo

Sup Matahari ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka di acara-acara pesta perkawinan di kota Solo. Itulah kenapa sup ini biasa disebut juga ‘sup pengantin’. Rasanya sih kurang lebih sama aja seperti sup biasa, tapi isinya aja yang sedikit beda karena semua isinya dibungkus cantik dalam telur dadar yang dibentuk seperti bunga matahari. Cara buatnya gampiiil! :)

Bahan-bahannya:

  1.  4 butir telur ayam dikocok lepas, beri garam secukupnya, bikin dadar sisihkan
  2. 200 gr daging ayam, giling halus, beri garam dan lada
  3. 50 gr jamur karang putih, rendam, cincang
  4. 50 gr sosis sapi, iris tipis-tipis
  5. 50 gr wortel serut kasar
  6. 2o gr jamur kuping, rendam iris kasar
  7. 250 gr tulang ayam
  8. 4 butir bawang merah, haluskan
  9. 4 siung bawang putih, haluskan
  10. Lada dan garam secukupnya
  11. Daun bawang dan seledri secukupnya, iris kasar
  12. Bawang goreng sebagai taburan

 Cara membuat :

  • Buat kuah sup seperti biasa, masukkan tulang ayam agar kuahnya gurih
  • Isi dadar dengan urutan, wortel, jamur kuping, jamur karang dan ayam giling
  • Lipat segiempat, balikkan lalu kukus sampai matang.
  • Belah keempat sisinya lalu buka hingga membentuk kelopak bunga matahari
  • Sajikan di mangkok dengan iris dadar atasnya bentuk seperti kembang, lalu siram dengan kuah sup, taburkan bawang goreng, daun bawang dan seledri

Selamat menikmatiii! :)

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Soes Basah

Kue Soes Basah

 

Kue Soes Basah

Doyan kue soes basah yang gurih-gurih manis itu? Nggak perlu jauh-jauh ke toko kue di Bandung deehh.. Bikin sendiri aja. Nggak susah kok :)

Bahan-bahannya nih yaa..:

  •  8 butir telur
  • 400 ml air
  •  400 gr terigu
  •  300 gr mentega
  •  Garam secukupnya

Bahan fla:

  • 1000 cc susu cair
  • 2 bh kuning telur
  • 2 sdm mentega
  • 300 gr gula
  • 120 gr terigu
  • 50 gr meizena

Cara Membuat kue soes basah:

  • Rebus air dengan mentega dan garam hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk rata hingga adonan menjadi kalis
  • Kemudian angkat dan tunggu hingga menjadi agak dingin, Tambahkan telur satu per satu, aduk hingga rata, Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang diletakan spuit diujungnya
  • Semprotkan adonan diatas loyang dengan bentuk sesuai selera, Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 180 C hingga matang
  • Membuat isi: Panaskan susu, telur, gula, dan mentega. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  • Setelah matang, keluarkan kue sus, belah jangan sampai putus, dan baru diberikan fla kedalamnya.

Selamat mencoba! :)

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Lupis

Kue Lupis

Kue Lupis

Jajanan pasar lagi niih… Kue lupis ketan yummyyy! Enak banget nih kalo disajikan di pagi hari sambil dihidangkan bersama secangkir kopi istimewa.

 

Bahan Kue Lupis Ketan

  • 500 gr ketan putih, rendam kurang lebih 2 jam
  • 2 sdm air kapur sirih
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan Kinca

  • 250 gr gula merah
  • 50 ml air

Bahan Taburan

  • Kelapa yang agak muda, diparut
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan ygang disobek-sobek

Cara Membuat Lupis Ketan

  1. Cuci ketan dengan air, tiriskan
  2. Tuangi air kapur sirih, campur rata
  3. Letakkan 3 sendok makan ketan dalam beberapa lembar daun pisang, bungkus berbentuk segitiga, ikat dengan tali
  4. Rebus selama 3 jam sampai matang
  5. Angkat lupis, tiriskan dan dinginkan
  6. Cara Membuat Taburan : Campur kelapa parut dengan garam dan daun pandan, kukus.
  7.  Cara Membuat Kinca : Gula merah direbus dengan air sampai mengental, beri daun pandan, saring.

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Pisang Goreng Karamel

Pisang Goreng Karamel

Pisang Goreng Karamel

Pisang goreng memang makanan yang merakyat.. Mudah didapat bahannya, murah meriah dan endang gurindang.

Sambil ngeteh tawar. Hmmm.. ! *kok jadi ngebayangin makan di saung pinggir sawah yaah, hihihi*

Coba bikin Pisang Goreng Karamel yuk!

Bahan-bahannya:

5 bh pisang ambon, belah memanjang bagi 2

100 gr gula merah, serut kasar

2 sdm mentega

 

Cara membuat:

– Panaskan wajan anti lengket, lelehkan mentega lalu masukkan pisang, panggang bolak-balik hingga berwarna kecoklatan.

– Masukkan gula merah, aduk-aduk hingga meleleh dan lengket pada pisang.

– Angkat, sajikan. Cucoook banget ditemenin teh tawar hangat :)

 

Photobucket

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Karedok

Karedok

 

Karedok

Makanan ini bisa dibilang sodaraan sama gado-gado, hehehe.. Sama-sama berbumbu dasar kacang. Tapi bedanya ini versi mentahnya dan bercita rasa kencur yang khas.

Bisa dimakan langsung atau bisa juga sebagai temannya nasi :)

Resepnya nih yaaa..

Bahan-bahannya:
  • 100 gr kol
  • 150 gr kacang panjang
  • 50 gr taoge
  • 50 gr terong lalap
  • 100 gr wortel
  • 50 gr mentimun
  • Kemangi secukupnya
Bumbu :
  • 50 gr kacang tanah, goreng
  • 2 buah cabai merah
  • 50 gr gula merah, serut
  • 1 cm kencur
  • ½ sdt terasi goreng
  • 75 ml air
  • Air jeruk limau secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  • Cuci semua sayuran hingga bersih, potong dan  iris sesuai selera, sisihkan.
  • Untuk bumbu, campur kacang tanah, cabai merah, kencur dan terasi. Ulek hingga lembut dan tercampur rata. Tambahkan gula merah, air, air jeruk limau dan garam. Aduk rata.
  • Campur sayuran dengan bumbu. Aduk rata.
  • Tambahkan kerupuk dan emping sebagai pelengkap. Sajikan.

 

Photobucket

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter