Ontbijkoek

Ontbijkoek

Ontbijkoek

Warna yang kecoklatan dan taburan kenari diatasnya sangat menggiurkan untuk dicemil.
Kue ini unik karena banyak rempah-rempahnya yang pastinya bikin badan sehat. Bikin yuk…

Bahan:
10 kuning telur
7 putih telur
200 gram gula palem
1 sdm gula pasir
75 gram mentega, lelehkan
50 gram  kenari kupas, siap pakai, iris tipis

Bahan diayak:
175 gram tepung terigu
1 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt cengkih bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt jahe bubuk

Cara Membuat:
Siapkan loyang  lalu olesi margarin dan taburi tepung terigu.
Panaskan oven bersuhu 180 C, sisihkan.
Kocok kuning telur, putih telur, gula palem, dan gula pasir hingga pucat, kental dan mengembang.
Masukkan terigu ayak dan mentega leleh bertahap dan bergantian ke dalam adonan telur.
Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu taburi kenari.
Panggang dalam oven selama 30 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan biarkan kue dingin.
Menyeruput kopi ditemani kue ini rasanya sedapp bangett 😉

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Pukis

Kue Pukis

Kue Pukis

Saat ini kue pukis sering kita jumpai di mall-mall.
Tiap kali mencium aroma kue pukis saat dipanggang, hmmm membuat lidah berdesir.

Bahan:
150 gram tepung terigu (gunakan Cakra Kembar)
100 gram gula pasir
3 butir telur ayam
½ sdm Ragi instan
180 ml Santan
60 ml Air hangat

Cara Membuat:
Rebus santan hingga mendidih, aduk agar santan tidak pecah, angkat dan diamkan hingga hangat.
Campur ragi dengan air hangat, aduk hingga berbuih.
Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
Tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil aduk hingga adonan rata.
Masukkan air larutan ragi. Aduk lagi sampai adonan rata.
Tuangkan santan, aduk sampai rata. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
Panaskan cetakan pukis atau bisa gunakan cetakan kue lumpur di atas api sedang, olesi dengan sedikit minyak sayur atau margarin.
Tuang adonan ke dalam lubang cetakan pukis hingga hampir penuh.
Tunggu sampai matang dan pinggirnya kering.
Lalu angkat pukis, sajikan.

Tips Membuat Kue Pukis :
1. Untuk variasi isi, sebelum permukaan kue mengering, taburi dengan meises, parutan keju, kismis atau cincangan kacang tanah yang sudah disangrai.
2. Untuk mendapatkan adonan dengan variasi rasa yang lain, misalnya coklat, caranya tambahkan adonan dengan 1 sdt pasta cokelat dan 1 sdm cokelat bubuk untuk mendapatkan kue pukis berwarna dan berasa cokelat.

3. Untuk mendapatkan warna hijau, campurkan adonan dengan pewarna hijau atau daun suji.

Kue Pukis

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tips Menata Dapur

www.belajar-masak.com

 

Rasanya dapur yang sehat akan membangkitkan gairah kreasi masak yang tingi ya, terlebih kalau kita sering lihat acara masak-masak di TV,rasanya saat itu juga ingin bongkar dapur.

Berikut ada tips bagaimana caranya membuat dapur terasa jauh lebih nyaman dan praktis:

  1. Selalu gantung dan simpan peralatan dapur segera setelah dibersihkan ketimbang menaruhnya di atas meja dan bisa terkena kotoran lagi. Dengan begini dapur anda pun bersih dari bakteri
  2. LEtakkan rak panjang dengantinggi sekitar sepinggan orang dewasa. Rak ini berfungsi menyimpan peralatan makan sekaligus meja penyajian
  3. Bedakan warna dinding dapur dengan warna ruang lain dan usahakan warna cerah karena menurut teori psikologi warna cerah membuat kesan hangat.
  4. Cocokkan keramik dan warnanya dengan tema furniture set yang dipilih.
  5. Sirkulasi udara , air serta aliran listrik harus diperhatikan sejak awal merancang dapur. Dan jangan lupa pasanga exhaust fan untuk membuang asap keluar dapur.

Selama menata dapur dan menikmati acara memasak anda

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Bolu Kukus Ketan Hitam

Bolu ketan hitam

 

Bolu ketan hitam

Warnanya memang hitam legam, tapi rasanya yum banget!
Bahan dan cara membuatnya pun simple banget.

Bahan :
250 gram tepung ketan hitam
4 butir telur
1 sdm pengembang (sp/ ovalet)
300 gram gula pasir
100 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat
Kocok telur, gula dan pengembang dengan menggunakan mixer hingga kaku.
Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata, lalu tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk kembali.
Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu.
Tuang adonan, kukus selama kurang lebih 30 menit.
Jangan lupa lapisi tutup panci dengan kain agar embun tidak menetes di adonan.
Setelah matang, potong potong lalu hidangkan.

Nikmat banget dihidangkan dengan teh manis hangat 😉

Bolu ketan hitam

 

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Tips Menghilangkan Aroma Amis Telur

www.belajar-masak.com

www.belajar-masak.com

 

Ketika memasak telur, sering kali kita menumpahkannya di lantai atau di meja masak. Bau amis telur putih bisa sangat mengganggu jika terlambat dibersihkan atau salah cara dalam membersihkannya.

Jika telur jatuh di lantai karena terlepas dari tangan kita cukup taburkan kopi di seluruh bagian telur dan biarkan hingga telur terserap dalam kopi tersebut. Kemudian tutup tumpahan tersebut dengan koran , angkat lalu bersihkan. Terakhir baru di pel dengan sabun cuci lantai seperti biasa. Jangan salah langkah  terlebih dahulu membersihkan dengan pel karena justru akan membuat aroma amisnya menyebar.

Jika bau amis telur muncul di adonan kue dan cukup mengganggu campurkan dengan rhum atau ditambahkan dengan bubuk vanilla ke dalam adonan.

 

Selamat Mencoba

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Es Podeng

Es Podeng

Es Podeng

Cuaca panas menikmati es podeng hmmm….bener-bener maknyus. Bikin aja yuuk

Bahan:

– 1 bungkus agar-agar merah

– 75 gram gula pasir

– 1.250 ml air untuk merebus

– 75 gram biji mutiara merah muda kering

– 2 buah alpukat, keruk dagingnya

– 12 scoop es puter santan / kopyor

– 3 sdm susu kental manis coklat

– 3 lembar roti tawar, buang kulitnya potong dadu 1 cm

-2 sdm coklat meises

2 sdm kacang tanah kupas, sangrai, cincang

 

Cara Membuat:

1. Agar-agar : larutkan agar-agar dan gula dalam 750 ml air didihkan.  Lalu tuang dalam loyang yang telah dibasahi air, Biarkan mengeras. Kemudian serut dengan parutan keju.

2. Biji mutiara : Didihkan sisa air, rebus biji mutiara hingga berwarna agak bening dan mengapung. Angkat, tiriskan lalu siram dengan air matang.

3. Sajikan dalam mangkuk atau gelas, taruh alpukat, agar-agar serut dan biji mutiara, beri es puter tambahkan susu kental manis coklat, taburi meises san kacang tanah.

Selamat Menikmati…..

Photobucket

 

 

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

 

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah es yang berasal dari Makassar… Tapiii kalo kita pengen es pisang ijo gak usah jauh2 pergi ke Makassar, karena ini ada resepnya kalau kita mau bikin sendiri….

Bahan :
  •     50 gram tepung beras
  •     1/2 sendok teh garam
  •     300 ml air
  •     100 ml air daun suji
  •     3 tetes pewarna hijau (pewarna makanan)
  •     175 gram tepung beras
  •     5 buah pisang raja
  •     es serut
  •     sirup merah
Bahan Saus :
  •     650 ml santan
  •     50 gram tepung terigu
  •     75 gram gula pasir
  •     1 lembar daun pandan
  •     1/4 sendok teh garam
Cara Membuat  :
  1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
  2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis(tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
  3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
  5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.
Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Bolu gulung paling pas dihidangkan di saat kumpul keluarga ataupun arisan.
Makannya ditemani kopi, rasanya maknyusss banget 😉

Bahan
8 butir kuning telur
4 butir putih telur
125 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein sedang, diayak
150 ml santan dari ½ butir kelapa
1 sendok the margarine
50 gram selai strawberry/blueberry/sesuai selera 😉

Cara Membuat Kue Bolu Gulung:

Campur kuning telur, putih telur, dan gula pasir.
Kocok hingga mengembang dan kaku.
Tambahkan terigu sedikit- sedikit sambil diaduk melipat (dari atas ke bawah) dengan spatula.
Tuang santan sambil diaduk melipat hingga rata.
Oles Loyang ukuran 22x22x3 cm dengan margarine, alasi dengan kertas roti.
Tuang 1 sendok sayur adonan putih di tengah Loyang.
Kukus selama 15 menit. Angkat. Lepaskan kertas rotinya. Letakkan di atas kertas roti.
Oles dengan selai strawberry. Gulung dan padatkan. Potong potong lalu sajikan.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Donat Ubi Merah

Donat Ubi Merah

Donat Ubi Merah

Kalau biasanya kita bikin donat berbahan dasar kentang, kali ini kita bikin dari ubi merah yuk. Teksturnya lebih lembut dan renyah kalau dimakan hangat-hangat looh :)

Bahan-bahannya:

  • 500 gr tepung terigu tinggi
  • 50 gr susu bubuk
  • 100 gr gula pasir
  • 10 gr ragi instan
  • 150 gr ubi merah kukus, haluskan
  • 4 bh kuning telur
  • 100 ml air es
  • 75 gr margarin
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula, ragi instan, aduk rata, masukkan ubi merah halus, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air es, uleni hingga setengah kalis. Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis. Diamkan selama 15 menit.
  • Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Diamkan lagi selama 20 menit, hingga mengembang.
  • Lubangi bagian tengah adonan. DIamkan 10 menit.
  • Goreng donat ubi hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Taburi gula halus. Sajikan selagi hangat.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Lumpia Nangka Saus Karamel

Lumpia Nangka

 

Lumpia Nangka

Asyik banget nih buat temen ngeteh sore hari atau sebagai pembuka sebelum makanan utama :)

Bahan-bahannya:

  • 20 lbr kulit lumpia
  • 200 gr nangka matang, buang bijinya

Saus:

  • 150 gr gula pasir
  • 300 ml air
  • 1/4 sdt teh garam
  • 1 sdt tepung tapioka, larutkan dengan sedikit air

Cara membuatnya:

  • Ambil selembar kulit lumpia, beri nangka
  • Lipat seperti amplop, lakukan hingga kulit lumpia dan nangka habis
  • Goreng lumpia hingga kuning kecolatan. Angkat dan tiriskan.
  • Saus: masak gula diatas pan datar hingga gosong. Tuangi air dan tambahkan garam, aduk rata hingga gula dan air menyatu.
  • Tambahkan larutan tepung tapioka, masak hingga kental dan mendidih. Angkat.
  • Sajikan lumpia nangka dengan saus karamel

Yummy! 😉

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter