Mangga Serut Segar

Sambel Mangga Indramayu
Sambel Mangga Indramayu

Sambel Mangga Indramayu

Horeee musim mangga datang lagi, artinya yang bisa bikin yang seger-seger kreasi dari mangga.. hahaahahha gak sih gak jago bikin kreasi cuma kebetulan suka pedes dan suka sambel walhasil jadi deh kuprek-kuprek sebentar di dapur hasilnya sambel mangga yang endess inihhh..

Bahan-bahan :

2 Buah mangga indramayu ukuran besar

10 buah cabe rawit merah

1 buah gula merah ukuran sedang

garam secukupnya

madu secukupnya

Cara Membuat :

Kupas mangga lalu potong atau iris ukuran korek api sampai habis, lalu siapkan bumbu dengan mengulek gula merah dan beri sedikit garam kemudian mangga yang sudah di potong tadi masukan dalam wadah lalu siram dengan gula aren yang tadi sudah di ulek.

Potong-potong cabe rawit merah, taburkan kedalam wadah mangga dan siram sedikit madu untuk memperkaya rasa (gak pake juga gak papa pilihan aja) kalau sudah semua tutup wadah masukan dalam kulkas.. tunggu yaa 1-2 jam kalau dah dingin siap disantap deh..

Selamat mencoba

 

 

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kupat Tahu

Homemade kupat tahu
Homemade kupat tahu

Homemade kupat tahu

 

Jum’at jumat gini kepengen tahu telor..biasa suka mampir ke kupat tahu magelang yang ada di seputaran bintaro sektor 1, tapi rasanya males banget mengingat rel kereta di bintaro permai suka macet.. walhasil ngubek-ngubek tukang sayur deket rumah terkumpulah bahan-bahan untuk bikin tahu telor sendiri.
Bahan yang diperlukan :
250 gram tahu putih, dipotong dadu
3 butir telur Ayam, dikocok lepas
secukupnya minyak, untuk menggoreng
1 sendok teh garam

Untuk bumbu Kacang :

3 siung bawang putih, digoreng utuh
5 buah cabai rawit merah, digoreng (kalau suka pedas boleh tambah sesuai hati)
5 sendok makan kacang tanah goreng
1 sendok makan air jeruk nipis
50 ml kecap manis
50 ml air
– haluskan cabai goreng, bawang putih goreng, dan kacang tanah, campur dengan kecap manis, air jeruk nipis dan air, aduk rata.

Untuk Taburan masakan tahu telur:

Taoge
seduh air panas (saya memilih toge segar aja tanpa disiram air panas, enak kres kres)
tiriskan daun seledri
bawang goreng

Cara Membuat Resep Tahu Telur
– Pertama kocok lepas telur lalu tambahkan garam dan aduk aduk rata, dilanjut masukkan tahu.
– Kemudian Panaskan minyak goreng dalam panci
– terakhir tuangkan adonan telur tadi dan goreng sampai matang dan kering berwarna kecokelatan, angkat.selesai
Penyajian : Siapkan piring, taruh telur goreng dan beri taoge juga irisan daun seledri, bawang goreng, saus kacang.  kalau mau tambah kupat atau lontong juga boleh, tapi kalau saya segini aja udah kenyang bangetttt.

Hmm, enak siang-siang sambil kerja online sambil makan tahu telor buatan sendiri ..

selamat mencoba

www.maharaniwinarta.com

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Mangkok

Kue Mangkok

Aslinya kue ini berasal dari Tiongkok.
Tapi di Indonesiapun cukup populer.

Bahan :
350 gram tepung beras
250 gram tape singkong, buang seratnya, haluskan
600 ml air hangat
300 gram gula pasir
60 gram tepung terigu
2 sdt baking powder
Pewarna makanan merah, hijau (sesuai selera)

Pelengkap :
100 gr kelapa setengah tua kupas, parut dan kemudian kukus dengan sedikit garam

Cara Membuat Kue Mangkok :
Campur tepung beras dengan tape singkong dan 200 ml air hangat, aduk hingga lembut.
Lalu tambahkan gula sedikit-sedikit sambil diuleni dengan tangan agar merata.
Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata.
Tuang sisa air sambil di aduk hingga adonan tercampur rata.
Setelah itu diamkan adonan selama 30 menit.
Bagi adonan menjadi 2 bagian, masing-masing adonan dibubuhi pewarna dan aduk hingga warna tercampur rata.
Panaskan cetakan kue mangkok dalam dandang panas hingga cetakan benar-benar panas.
Tuangkan adonan perlahan hingga cetakan penuh, kemudian tutup dengan tutup dandang yang sudah dilapisi dengan serbet bersih.
Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit sampai matang, angkat dan dinginkan.
Sajikan dengan menggunakan kelapa parut yang sudah dikukus.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Putri Ayu

putu ayu

Kue favorit dari jaman SD. Gara-garanya bantuin tante yang suka bikin pesenan buat arisan 😀

Bahan-bahan :
150 g tepung terigu
100g kelapa muda parut
200 ml santan
200 g gula pasir

2 butir telur
Pasta Pandan secukupnya ( untuk warna hijau )
Garam

Cara membuat :

  • Telur dan gula pasir dikocok sampai kental dan mengembang.
  • Setelah itu tambahkan tepung terigu dan aduk sampai rata.
  • Tuangkan santan secara bertahap sambil diaduk rata.
  • Masukkan pasta pandan, aduk rata dan masukan kelapa serta garam aduk kembali.
  • Ambil cetakan lalu masukkan kelapa sambil ditekan supaya hasilnya padat.
  • Tuangkan adonan putri ayu sampai cetakan menjadi penuh.
  • Panaskan pengukus kue putri ayu, kukus adonan kue sampai matang selama 15 menit. Angkat, dan siap disajikan.

Photobucket

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Bolu Ketan Hitam

bolu ketanitem

Bolu ini rasanya khas ketan hitam. Nggak terlalu manis juga nggak gurih-gurih amat. Passs di lidah. Cocoknya ditemenin manis hangat.

Bahan-bahannya:

6 butir telur pisahkan kuning dan putihnya
200 gr gula
150 gr tepung ketan hitam
50 gr terigu
200 gr margarin
1 sdt baking powder

Cara Membuat:

1. kocok margarin dan gula hingga putih mengembang
2. masukkan kuning telur.kocok hingga menyatu dan rata
3. ayakkan terigu dan tepung ketan hitam baking powder ke adonan.aduk melipat hingga rata
4. kocok putih telur hingga kaku. campur ke adonan sedikit dm sedikit.aduk melipat perlahan
5. masukkan ke loyang tulban yang telah di oles margarin dan di teburi terigu.
6. bakar 180*c hingga matang.

Selamat menikmatiii! :)

 

 

 

 

 

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Cantik Manis

Kue Cantik Manis

Kue Cantik Manis

Sesuai namanya kue ini cantik penampilannya dan manis rasanya.
Gimana caranya bikinnya…yuk praktek 😉

Bahan:
Tepung hunkwe 1 bungkus ( 120 g)
Sagu mutiara putih 20 gram direbus dengan pewarna hijau dan merah
Kelapa 1/2  butir (buat santan 500 ml)
Nangka 10 buah ( potong kecil )
Daun pandan 2 lembar
Garam 1/4 sdt
Gula pasir 120 g
Vanili bubuk secukupnya

Cara Membuat:
Campurkan tepung hunkwe dengan 250 ml air santan, lalu sisihkan
Rebus sisa air santan ( 250 ml ) dengan gula pasir, vanili, garam dan daun pandan.
Aduk hingga mendidih.
Tuangkan larutan tepung hunkwe ke santan masak.
Aduk terus sampai rata dan adonan mulai meletup letup.
Angkat lalu masukkan sagu mutiara, aduk terus agar sagu mutiara menyebar.
Lalu masukan potongan buah nangka. Angkat.
Ambil adonan taruh diatas plastik  menggunakan sendok.
Bungkus adonan, lipat dan biarkan dingin.
Voila! Kue cantik manis siap dinikmati.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Lemper Ayam

Lemper Ayam

Lemper Ayam

Lemper termasuk panganan yang melegenda, selalu ada di toko-toko kue tradisional maupun modern :)
Cocok buat kumpul-kumpul keluarga, arisan, atau sekedar cemilan di pagi hari.

Bahan-Bahan :
500 gram ketan
500 cc santan dari 1 butir kelapa
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
daun pisang untuk pembungkus

Bahan Isi
½ ekor ayam(± ½kg)
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
1 sendok makan minyak goreng
250 cc santan dari ½ butir kelapa
Bumbu yang dihaluskan
1 sendok teh ketumbar
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
sedikit asam jawa
gula pasir dan garam secukupnya

Cara Membuat :

Isi lemper :
Rebus ayam sampai lunak, lalu suwir-suwir tipis.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan salam, lengkuas dan serai.
Tumis sampai harum lalu masukkan ayam dan aduk-aduk supaya rata.
Tambahkan santan dan aduk lagi sampai kering.

Cara membuat lemper :
Rendam ketan dalam air selama kira-kira 2 jam lalu tiriskan.
Kukus ketan setengah masak selama kurang lebih 20 menit.
Masukkan santan yang sudah di didihkan bersama garam dan daun pandan. Aduk rata.
Masukkan lagi ke dalam dandang dan kukus sampai masak (± 30 menit).
Setelah matang dinginkan ketan di atas tampah yang sudah dialasi dengan daun pisang.
Ratakan setebal 1 cm, lalu potong-potong ukuran 7 x 4 cm.
Isi tiap potong dengan 1 sendok teh isi lemper.
Gulung dan rapatkan ujung-ujungnya.
Bungkus dengan daun pisang.
Sajikan dengan kopi tubruk, maknyoss bangett :)

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Cara Membersihkan Bak Cuci Piring

www.belajar-masak.com

www.belajar-masak.com

 

Bak cuci piring yang kusam sangat mengganggu kenikmatan memasak ,terutama jika bahannya stainless steel. Namun, tidak perlu khawatir karena selalu ada cara untuk membersihkan bak cuci sehingga mood memasak selalu positif.

Saat akan mencuci piring atau perlengkapan masak, pastikan perlengkapan tersebut sudah bersih dari sampah sisa makanan, pisahkan dan buang di tempat sampah. Sehingga yang dibersihkan di bak cuci piring hanyalah kotoran yang menempel pada perlengkapan tersebut. Hal ini mempermudah proses pencucian dan mencegah tersumbatnya saluran pembuangan.
Sedangkan untuk membersihkan bak cucinya, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. 1/4 cangkir sabun piring
  2. 1/4 cangkir pemutih
  3. 2 sendok makan amoniak
  4. 2 sendok makan air hangat

Aduk dan serap dengan sponge kemudian bersihkan bak cuci, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dan keringkan secara menyeluruh.

Lakukankah pembersihan bak cuci piring ini minimal seminggu sekali sehingga kotoran tidak menjadi awet dan mudah di bersihkan selalu.

Agar bak cuci piring awet dan tidakmudah hancur dan bocor hindarimembersihkan dengan sikat kawat atau spons kasar , karena alat ini bisa menipiskan lapisan anti karat pada bak stainless steel.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Pisang Caramel

Pisang Caramel

Pisang Caramel

Ada pisang dirumah, bosen digoreng terus. Cobain bikin pisang caramel yuuk…

Bahan:
5 buah pisang tanduk, kupas, potong 20 cm, belah memanjang
20 lembar kulit lumpia
10 sdm gula pasir
minyak untuk menggoreng

Bahan perekat:(aduk rata)
2 sdm tepung terigu
5 sdm air

Cara membuat:
1. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan potongan pisang tanduk, taburi gula pasir.
2. Gulung, padatkan, rekatkan ujungnya dengan bahan perekat.
3. Lakukan langkah nomor 1 dan 2 hingga pisang dan kulit lumpia habis.
4. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan, sajikan.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Kue Apem

Kue Apem

Kue Apem

Kue Apem ini kue yang legendaris..
Sudah eksis dari zaman Belanda dulu :)
Bikin yuk…

Bahan :
250 gram tepung beras
100 gram gula pasir
1/2 sdt baking powder
200 ml santan kental
300 ml air kelapa
3/4 sdt garam
21 sdt ragi instan

200 gram kelapa parut

Cara Membuat :
Aduk rata campuran tepung beras, gula pasir, ragi instan, baking powder, santan kental, air kelapa dan garam, aduk hingga tidak menggumpal.
Diamkan adonan selama 30 menit.
Setelah itu campur adonan dengan kelapa parut, lalu aduk rata.
Panaskan cetakan kue, lalu olesi dengan margarin, tuangkan adonan, tutup, dan masak hingga mengembang ( berpori-pori ) dan matang.
Angkat lalu sajikan.

Kue Apem

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter